Tuesday 4 October 2016

Mesin pencetak es balok (ice block) dengan teknik perendaman air garam

Es Balok merupakan jenis es batu yang sudah lama digunakan sejak jaman dahulu. Banyak orang – orang yang menggunakan es batu ini untuk keperluan minuman.pengobatan, media penyimpanan ikan dan daging atau untuk kebutuhan lainnya.


Disebut Es Balok karena bentuknya balok dengan berat mulai 5 kg, 10 kg, 25 kg, dan 50 kg sesuai cetakan balok es pada tangki.
Mesin es balok banyak digunakan untuk daerah dimana banyak hasil tangkap ikan berada yang biasanya terletak di daerah pesisir pantai. Mereka menggunakan mesin pembuat es balok model sederhana untuk menghasilkan es balok yang nantinya digunakan untuk media penyimpanan hasil tangkap laut seperti ikan, udang, dll.
Mesin es balok terdahulu menggunakan metode penggaraman dengan dilengkapi mesin pengaduk larutan garam sehingga air garam tidak mengendap.
Tetapi mesin es balok kita menggunakan pompa untuk mensirkulasi air garam sehingga terjadi sirkulasi yang berkelanjutan.
Mesin es balok ini prinsip kerjanya sama dengan mesin es lainnya, dimana gas bertekanan terkondensasi di evaporator. Tetapi bedanya, mesin es balok ini dilengkapi dengan tangki brine atau tangki yang berisi air garam.
Cetakan es balok yang berisi air dengan berat sesuai kebutuhan ditempatkan atau direndam pada tangki berisi larutan air garam atau air laut, dimana air garam tersebut akan disirkulasi ke dalam tabung evaporator sehingga air garam tersebut menjadi dingin.

Air garam dingin tersebut akan dialirkan kembali ke dalam tangki yang berisi air garam.

Sehingga cetakan berisi air untuk es yang direndam ke dalam tangki berisi garam (brine tank) tersebut akan berubah menjadi es batu balok.

Air garam tersebut merupakan media untuk transfer pendinginan dari evaporator ke dalam tangki berisi cetakan es.
Proses pembentukan es batu balok berlangsung paling cepat 8 jam dan paling lama 24 jam.
Jadi dengan pembuatan mesin es balok dapat dirangcang dengan masa panen selama 1x , 2x atau 3x disesuaikan waktu pembentukan es baloknya.
Untuk kebutuhan minuman, biasanya mesin cetak es balok kami menggunakan bahan tangki dan cetakan es balok dengan material stainless steel tipe 201 dan 304.
Apabila es balok nya untuk kebutuhan perikanan, maka desain tangki dan cetakan es baloknya kita gunakan material hot dip galvaniz yaitu material fiber finishing hot dip galvaniz.
Kapasitas produksi mesin es balok mulai dari skala mini atau kapasitas kecil hingga skala pabrik es balok untuk perikanan.
kapasitas mesin es balok perikanan
Spesifikasi mesin es balok

Dengan kapasitas produksi 500 kg, 1 ton , 2 ton, 3 ton, 5 ton, 8 ton, 10 ton hingga 30 ton.
 
mesin es balok skala industri
mesin pabrik es balok perikanan
Untuk kapasitas mesin es balok diatas 3 ton, kita gunakan over head crane untuk mengangkat cetakan es balok yang sudah jadi dengan ukuran mulai 10, 25, 50 dan 100 kg.
Apabila anda ingin mengetahui informasi dan harga mesin es balok ini, silahkan kontak ke data berikut :
081-213106688. Atau email ke servicelaundrina@gmail.com

0 comments: