Monday 8 November 2010

Waralaba Coffee Shop- International Franchise

Jadi anda ingin membuka coffee shop? Ada 2 cara untuk membuka usaha coffee shop, yaitu melalui waralaba atau membuka sendiri usaha coffee shop anda. Saya merencanakan ada 3 bagian mengenai artikel usaha coffee shop ini, yaitu artikel pertama tentang Waralaba Coffee Shop International, artikel kedua tentang Waralaba Coffee Shop Lokal, dan artikel ketiga atau terakhir adalah tentang tips-tips mengenai membuka usaha coffee shop ini.
Terbuka kemungkinan tulisan-tulisan ini akan diupdate apabila ada masukan dari teman-teman baik waralaba yang belom masuk di tulisan saya dan update mengenai data-data franchisor, atau tentang tips-tips lainnya mengenai usaha coffee shop ini.


Starbucks
Contact:
PT Sari Coffee Indonesia
Wisma 46 – Kota BNI, 7th Floor
Jl. Jend.Sudirman Kav. 1
Jakarta 10220 – Indonesia
Tel (+62-21) 574 – 6501
or (+62-21) 574 - 5808 (ext. 341)
Fax (+62-21) 574 – 6189
Websites: www.starbucks.com ; www.starbucks.co.id

Bagaimana cara membeli waralaba Starbucks? Berikut ini penjelasan yang diambil dari websitenya:

Does Starbucks franchise?
Starbucks does not franchise operations and has no plans to franchise in the foreseeable future. In North America, the majority of our stores are Company-operated. As an exception, Starbucks may enter into licensing arrangements with companies who provide access to real estate which would otherwise be unavailable such as airport locations, national grocery chains, major food services corporations, college and university campuses and hospitals. For international business development opportunities please refer to the International Development section of this Web site. If you have further questions, please send us an e-mail through the Contact Us portion of the site.


Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Starbucks tidak diwaralabakan. Bentuk kerja sama yang ditawarkan adalah berupa perjanjian lisensi untuk perusahaan-perusahaan yang dapat menyediakan lokasi yang strategis untuk starbucks. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi PT Sari Coffee Indonesia dengan no telepon dan alamat di atas.


Gloria Jean's Coffee
Contact:
PT. DWIPUTRA GLORIA INDONESIA
Ruko Kebon Jeruk Mediterania 2nd Floor, Jl. Meruya Ilir No. 10
Kembangan - Srengseng, Jakarta Barat 11630 - Indonesia
Telp. (62-21) 58902665 (Hunting), Fax (62-21) 58902667
email: marketing@gloriajeansindonesia.com
Websites: www.gloriajeansindonesia.com
Estimated Investment:
Pembelian mesin pembuat kopi, franchise fee selama lima tahun, serta training pengenalan produk dan manajemen pengelolaan kedai kopi: Rp 650 jt
Biaya renovasi tempat dan furniture: Rp 200 jt

Berikut ini brosur mengenai cara franchise Gloria Jean's Coffee


















































Black Canyon Coffee
Contact:
Mufid Wahyudi
Head Office: Jl. Danau Bratan Raya 12, Taman Griya, Jimbaran - Bali
Phone Number: 0361-780 7929
Fax Number: 0361-770 346
Websites: http://blackcanyoncoffee.com
Email: mufid@blackcanyoncoffee.co.id
Estimated Investment: Rp 1 – 3 Milyar
Biaya yang dibutuhkan akan sangat tergantung dari ukuran dan lokasi dari restoran. Rata-rata diperlukan US$ 200,000 untuk satu restoran dengan fasilitas lengkap termasuk biaya franchise, uang muka sewa, konstruksi, dan gaji pegawai sebelum restoran dapat beroperasi secara full.
Syarat menjadi franchisee:
1. Lokasi - Black Canyon tidak dapat membantu mencari lokasi namun dapat membantu untuk menentukan apakah lokasi tersebut cukup potensial.
2. Funding – Untuk pembangunan restoran dan untuk operasional.

Berikut ini informasi yang saya peroleh mengenai kesempatan waralaba di Indonesia:
Karena Indonesia sudah memiliki franchisee maka data-data calon franchisee akan dievaluasi oleh Black Canyon (Thailand) dan jika disetujui, akan diteruskan ke franchisee yang telah ada di Indonesia. Permintaan untuk menjadi franchisee akan ditelaah berdasarkan criteria berikut ini:
1. Lokasi, yaitu 150-200 m2 untuk restoran Black Canyon dengan fasilitas lengkap. Jika lokasi berada di luar area operasi dari franchisee yang telah ada, maka calon franchisee akan diberikan hak franchise langsung dari Black Canyon (Thailand). Data-data calon franchisee tanpa deskripsi lengkap mengenai lokasi mungkin tidak akan mendapatkan jawaban.
2. Pengalaman, yaitu harus mempunyai pengalaman dalam bidang restoran, jasa makanan atau bisnis hospitality.


Coffe Bean and Tea Leaf
Contact:
PT TRANS COFFEE - WISMA TRANS LIFESTYLE
Jl. Raya Duren Tiga Kav. 53 - 55
Jakarta Selatan - 12760
Telp : (62-21) 798 0388. Fax : (62-21) 798 0638
Websites: www.coffeebean.com ; www.coffeebean.co.id
Email : cs@coffeebean.co.id
Estimated capital investment: US $25,000-US $35,000

Tidak banyak informasi mengenai cara franchise di Indonesia. Mungkin bisa langsung menghubungin contact diatas.


Cup & Cino
Contact:
PT Mitra Prima Cup & Cino
Jl Jend Sudirman Kav 50 The Plaza Semanggi Unit 16 Ground Fl
JAKARTA 12930
Phone : 021-25536461, 021-25536462
Websites: www.cupcino.com

Cup & Cino menawarkan tiga paket waralaba. Pertama, gerai kopi kelas stan, dengan nama Cup & Cino Express. Gerai kecil ini cocok dibuka di lobi perkantoran, bandara, atau di ruang pertemuan VIP. Untuk waralaba kelas Express, modalnya sekitar Rp 400 juta. Modal segitu dipergunakan untuk membayar franchisee fee (5 tahun), 1 unit mesin kopi, plus persediaan biji kopi untuk tiga bulan. Untuk paket ini, terwaralaba bebas menentukan tempat usahanya.

Kedua, paket Coffee House, yakni gerai kopi dengan luas ruang minimal 100 m2. Modal awalnya sekitar Rp 3 miliar. Ini sudah termasuk franchise fee (Rp 500 juta untuk 5 tahun), semua perlengkapan dan furnitur gerai, seragam dan pelatihan pegawai, modal kerja, dan berbagai biaya lain.

Ketiga, paket Coffee House & Entertainment. Ini gerai kopi ukuran besar –minimal 200 m2- yang dilengkapi berbagai sarana hiburan. Di antaranya: live music, ruang karaoke yang bisa disulap menjadi ruang rapat, dan meja biliar. Modal awalnya sekitar Rp 7,5 miliar.


Miko Coffee
Contact:
Andreas or
Mr. Satya Murti
Mobile Number:+628567175189
Phone Number: +622131936235
Fax Number: +622131936235
E-mail: stymurti@yahoo.com
PT. Miko Pertama Indonesia
Jl.MH.THAMRIN KAV.11 SARINAH BUILDING JAKARTA INDONESIA
Jakarta 16413, Jakarta
Indonesia
Phone Number: 021-6291181.
Fax Number: 021-6248233
Websites: www.miko.co.id
Establish Since: 2003/2004
Total Outlet: 77 gerai
Estimated Investment: Rp 150 juta untuk renovasi tempat dan Rp 50-70 juta untuk peralatan cafe
Franchise Fee: Rp. 100 Jt untuk Sembilan tahun dan untuk café yang berlokasi di mall. Fee antara lain digunakan untuk pelatihan, dan untuk sepuluh terwaralaba pertama baru dibayar setelah satu tahun beroperasi.
No royalty fee
Dengan mempertimbangkan pendapatan dan biaya, diperkirakan dapat mencapai BEP dalam 1,5 tahun.

Kedai kopi ini berasal dari Belgia dan berdiri sejak Juli 1801. Sejak tahun 2003, Miko masuk di Indonesia, dan kini memiliki dua outlet di Yogyakarta dan Jakarta.
Seluruh bahan baku diimpor langsung dari Belgia. Ragam sajian kopi di Miko hampir sama dengan kafe lain. Hanya saja Miko memiliki filter kopi. Dengan coffee filter, semua mutu rasanya dijamin. Minum di mana saja, di tempat mana saja, rasanya sama.
Harga jual kafe Miko antara Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per cangkir. Marginnya 20%-30%.


Dante Coffee Shop
Contact:
PT. Kurnia Mitra Duta Sentosa
Kawasan Bangunan Multiguna Blok D-5, Jl. MH Thamrin km. 7
Paku Alam - Serpong, Tangerang 15325
INDONESIA
Tel : (62-21) 539-8003
Fax : (62-21) 539-9372
E-mail: info@kmds.co.id
Websites: www.kmds.co.id ; www.dante.com.tw

Franchise coffee shop ini berasal Taiwan. Konsep cafe modern minimalis ini cocok sekali untuk hang-out atau bahkan menyelesaikan pekerjaan anda, karena didukung oleh fasilitas free wi-fi. Untuk menemani acara santai anda, Green Tea and Red Bean dengan cita rasa unik bisa dicoba. Mau yang lebih fresh? Blue Soursop jawabannya. Sari buah sirsak yang bercampur dengan soda will refreshen your exhausting day! Favorit Hers jatuh pada Vietnamese Coffee-nya, dimana perpaduan rasa manis dan pahitnya kopi plus disajikan dingin membuat kita tidak habis menyeruputnya. Hot Coffee anyone? Pilih Cafe Latte atau Cafe Mocha andalan Dante juga tidak kalah enak. Jika minum saja tidak cukup, jangan khawatir karena menu makanan Dante lengkap mulai appetizers hingga main course yang delicious. Korean Bulgogi Rice-nya juara, daging iris tipis yang dimasak dengan bumbu special Dante, it tastes wonderful! Untuk cemilan, Cheesy Nachos is worth trying for atau Blooming Potatoes, kentang rebus dengan saos daging diatasnya, aman untuk anda yang sedang berdiet.

Dari website Taiwan, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara memperoleh franchise ini:
Because the overseas area the original material obtains the difficulty to vary, therefore the single shop alliance/region authorization will have the different cooperation pattern according to the regional difference, will have Canada of hegemons the interest to welcome in work hours Qia to ally consultation special line Tel: 886-2-27368008 exhibition industry/Miss Zhang.
■ The service the headquarters provides to area-agency
.Support from high-profile leading brand in Taiwan
.Integrated pre-job training and educational training course
.Unified standard process of operation
.Complete set of management manual and form
.Full set of product combination and marketing position
.Effectively decrease time to open the shop
.Share of result of new product's R&D
.Suggestion and advance of promotive activities
.Share of successful experience
■ The service the Headquarters provides to single-site Franchise .Evaluation and comment to business market and location
.Complete pre-job training and specific training course to different ranking
.Reduction of preliminary time to start the shop
.Decrease of purchasing cost
.Unity of standard process
.Full-set of conducting form
.Integrated product combination and market position
.Share of result of new product's R&D
.Planning and advance of promotive activity
.Share of successful experience


Demikianlah tulisan mengenai waralaba international coffee shop. Tulisan ini masih terbuka untuk diupdate. Tulisan ini juga berasal dari research saya di Internet, dan banyak copy paste dari website-website yang tersedia di internet.
Coffee Toffee
Contact:
Odi Anindito
Address : Jln. Raya Dharmahusada 181 Surabaya
Phone : 031 - 592 9500, 7060 1979 Fax : 031 - 594 1921
Website : http://www.coffeetoffeeindonesia.com
E-mail : takeawaycoffee@gmail.com
Founded : 2006 Industry : Beverages / Coffee
Estimated Investment : Rp. 70 - 195 Million

Coffee Toffee Products
- Blended Coffee : Frappe Blend™ I Need Coffee™, Chocolaccino, Vanila Mud, Rum Raisin, Caramel Delight, Give Me Almond
- Iced Coffee : Iced Vanilla Latte, Iced Cappuccino
- Hot Coffee : Café Latte, Cappuccino, Long Black, Café Mocha
- Blended Chocolate : Chocolate Grande, Strawberry Chocolate Milk
- Hot Chocolate : Hot Chocolate, Strawberry Chocolate Milk
- Blended Tea : Strawberry Blended Tea, Blueberry Blended Tea
- Hot / Iced Tea


Point Of Uniqueness
- Good Concept (Take Away Coffee)
- Competitive Price
- Good Product Quality
- Good Market Segment
- Simpe / Efficient
- Lifestyle


Franchise Investment

Coffee Booth
Biaya Investasi Rp 70.000.000*
Outlet Didesain Khusus untuk space kecil, disesuaikan dengan Konsep take-away/drive-thru.desain booth unik didasarkan pada Bentuk gelas take-away
Penempatan : Indoor / Outdoor
Dimensi Booth p: +2m 1 : +2m t : +2.5m
Rekomendasi luas space : 15 m2 (3 meja,9 kursi,1 payung)
*tidak termasuk biaya kirim diluar Surabaya dan Jakarta



Coffee Kiosk
Biaya Investasi Rp 85.000.000*
Desain dengan tetap mengedepankan nilai lifestyle serta elegan dari sebuah bar, Coffee kiosk akan tetap memaksimalkan space yang ada tanpa mengurangi keleluasaan ruang kerja sehingga dapat melayani lebih banyak customer
Penempatan : Indoor / outdoor
Dimensi : p: +2m 1: +2m t: +2.5m
Rekomundasi luas space : 15 (3 meja, 12 kursi, 2 payung)
*tidak termasuk biaya kirim diluar Surabaya dan jakarta

Coffee Mobile
Biaya Investasi Rp 95.000.000*
Ini adalah sebuah coffee bar yang bergerak !!! anda dapat memilih titik penjualan yang berbeda untuk meningkatkan penjualan anda.ikuti dan bergabung dengan event-event lokal untuk mendapatkan extra cash !!
Penempatan : Outdoor
Dimensi Mobile : - sesuai ukuran mobil-
Rekumondasi luas space : 20 m2 (3 meja,9 kursi)
*tidak termasuk mobil
*tidak termasuk biaya kirim diluar surabaya dan jakarta

Coffee Shop
Biaya Investasi Rp 195.000.000*
Konsep :’ Coffee and Friends’ Sofa yang nyaman, pencahayaan yang tertata dan musik pilihan.
Freee wireless intenet connection
Penempatan : Indoor / outdoor
Dimensi Bar : p : + 3.5 m 1:+ 2.5m t: + 2 m
Rekomendasi luas space : min 75 m2
*exclude furnitur and Interior for 75 m2
*tidak termasuk biaya kirim diluar Surabaya dan Jakarta


J.CO
Contact :
JCO Donuts Waralaba
Phone : 021 - 7388 3343
Fax : 021 - 7388 3324
Webistes: http://www.jcodonuts.com/
franchise@jcodonuts.com
Estimated investment: Rp 1 Milyar

Waralaba yang dimiliki oleh Johnny Andrean, penata rambut terkenal di Indonesia, mulai di waralabakan pada tahun 2005 dan lebih terkenal akan product donatnya. Spesialisasi mereka adalah kualitas donat yang baik dan kopi. Salah satu produk donatnya yang popular adalah ‘Al Capone’. Selain itu, J.CO juga menyediakan Arabica coffee blended dengan biji kopi dari Brazil, Kolombia, Kostarika, Guatemala, dan Indonesia, dan disangrai di Italia.

Waralaba ini dikritik karena ‘mereproduksi’ gaya dari Krispy Kreme, waralaba donat Amerika. Namun di Asia Tenggara, J.CO mengungguli Krispy Kreme dan pesaing lainnya dalam hal jumlah pengunjung harian, penghargaan, dan penjualan. J.CO telah mendorong industri donat di Asia dengan outlet yang tersebar di Indonesia, Malaysia, dan Singapura, dan berencana untuk ekspansi ke negara lainnya.

Kalau anda ingin memperoleh informasi lebih lanjut mengenai J.CO sebagai company, anda dapat menghubungi email dibawah ini:
Indonesia : hello@jcodonuts.com
Malaysia : hello@jcodonuts.com.my
Singapore : hello@jcodonuts.com.sg


Mister Bean Coffee
Contact:
PT. NUTRACO Pratama Indonesia
Majapahit Permai Blok A/117
Jl. Majapahit No. 18 - 20
Jakarta 10160 - Indonesia
P. : (62 21) 380 4348 (hunting)
F. : (62 21) 380 4349
Websites: http://www.misterbeancoffee.com/
email : nutraco@cbn.net.id or ntcindo@cbn.net.id

Informasi yang diperoleh dari website mengenai franchise kurang begitu jelas. Mungkin anda dapat menghubungi langsung contact di atas.


Bengawan Solo Coffee
Contact:
Julian 081310066138
Websites: www.bengawansolocoffee.com
Email: bsc@bengawansolocoffee.com
Franchise Fee: 75 jt
Royalti Fee: 5% dari gross sale
Estimated Investment: Minimum 300jt

Informasi yang ada juga sangat terbatas. Disarankan untuk langsung menghubungi contact diatas.


Kedai Kopi dan It’s Coffee
Contact:
Teammates Coffe Indonesia (Teddie Dian Patria)
Jl. Bougenville No. 1 Gejayan, Yogyakarta 55281
Telp: 0811256343
Fax: (0274) 486465
Email: teammates@gmail.com
Websites: www.kedaikopi.info
Estimated investment:
Kedai Kopi: Biaya yang sifatnya Tetap (Fixed Capital) -- yaitu biaya yang sudah dapat diprediksi dan bersifat atau cenderung tetap. Hal ini seperti aset operasional (espresso machine, coffee grinder,dll). Jumlah biaya tetap ini disusun dalam beberapa paket yang dapat dipelajari dan bervariasi antara Rp 115 juta hingga Rp 140 juta yang didalamnya sudah termasuk partnership fee selama lima tahun. Kategori kedua adalah, biaya yang sifatnya Variabel (Variable Capital) -- yaitu biaya yang akan sangat bervariasi tergantung luasan outlet dan lokasi dimana yang dipilih. Logikanya adalah semakin luas outlet yang ada, maka terdapat item-item biaya yang akan semakin meningkat seperti kebutuhan furniture dan aksesoris lainnya.

Tahapan Partnership:


Untuk bisa menjadi terwaralaba (frachisee), tentu saja, calon investor harus memiliki tempat. Biar cepat ramai, tempat ini harus strategis. Untuk Kedai Kopi, karena membidik pasar mahasiswa, idealnya berada di dekat kampus. Adapun It’s Coffee lebih baik berada di dekat kawasan perkantoran. Oh, ya, jangan lupa; lokasi gerai itu sebaiknya juga memiliki ruang parkir yang memadai.

Setelah memiliki tempat, calon franchisee juga harus menyediakan modal duit tunai. Untuk membuka Kedai Kopi, modal awal yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp 175 juta. Modal pembukaan It’s Coffee lebih besar: Rp 250 juta. Sebagian besar dari duit ini, sekitar Rp 40 juta, akan digunakan untuk pengadaan perlengkapan, seperti mesin penggerus kopi, gelas, maupun oven microwave.

Dengan menyetorkan modal segitu, calon terwaralaba dan semua calon barista (pelayan coffeeshop) sudah memperoleh pelatihan yang lengkap dari Teammates Coffee Indonesia; mulai dari cara meracik kopi, cara membuat makanan ringan (pastry) pendamping kopi, sampai manajemen kedai.

Bagaimana dengan franchisee fee? Inilah uniknya. Teammates Coffee Indonesia membebaskan biaya franchise. Sebagai pewaralaba (franchisor), ia hanya mengutip ongkos royalti atawa royalty fee. Tarifnya juga tak tinggi-tinggi amat, hanya 8% dari omzet kotor per bulan.

Baik Kedai Kopi maupun It’s Coffe memiliki nilai plus, yaitu kualitas kopi yang baik. Untuk kedua gerai itu, franchisor selalu memilih kopi nomor satu yang sekelas dengan kopi siap ekspor. Kopi ini segar karena digiling sendiri. Jika dalam seminggu kopi ini masih ada di kantong pembungkusnya, kopi itu akan dibuang dan diganti dengan yang baru.

Selain itu, Kedai Kopi maupun It’s Coffee juga menyediakan hotspot gratis bagi pelanggannya. Artinya, jika membawa laptop, setiap pengunjung bisa mengakses internet secara gratis; baik di pekarangan, di halaman parkir, atau di dalam warung kopi. Malah, di meja bar It’s Coffee, sudah disediakan satu unit komputer yang bisa digunakan dengan cuma-cuma.

Kopi enak, tempat nyaman, barista oke, hotspot gratis; kurang apa lagi? Semua ini bisa menjadi modal bagi para franchisee Kedai Kopi maupun It’s Coffee untuk menggaet pelanggan. Margin keuntungan warung kopi ini lumayan, lo. Jika Kedai Kopi Anda bisa mengantongi omzet Rp 30 juta sebulan, Anda diperkirakan bisa memperoleh keuntungan bersih sekitar Rp 13,8 juta (46%). Untuk It’s Cofee, asal bisa mencapai penjualan sekitar Rp 50 juta sebulan, keuntungan bersih yang Anda peroleh bisa mencapai sekitar 25 juta atau 50%. Dengan hitung-hitungan seperti itu, diperkirakan modal Anda akan kembali dalam waktu 10-13 bulan.


Excelso
Contact:
PT Excelso Multi Rasa
Kompleks ITC Roxy Mas blok C2/38-39 Jl. KH Hasyim Ashari, Jakarta 10150
Telepon: 021- 6330331 / 6336352
Fax : 021-6336605
Websites: www.excelso-coffee.com
Contact person : Franchise hoteline 021-99789191
Total outlet : 65

Mulai tahun 2008 ini Kafe Excelso ditawarkan kerjasama kemitraannya dengan mengadopsi sistem franchise. Jaringan kafe milik grup produsen kopi PT Kapal Api ini sudah membuka gerai franchise pertamanya di Jayapura pada 9 September lalu. Dengan dibukanya gerai milik franchisee tersebut, jumlah gerai Kafe Excelso kini menjadi 65 yang tersebar di lebih 15 kota seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar, dan sebagainya.

Kafe Excelso didirikan grup Kapal Api pada September 1991 dengan membuka gerai pertama di Plaza Indonesia. Pendirian kafe ini, menurut pengelolanya (PT Excelso Multi Rasa), untuk mendukung pemasaran dan image yang hendak diciptakan untuk kopi Excelso, produk kopi dari Grup Kapal Api yang ditujukan untuk pasar kelas premium. Dengan memilih pasar kelas menengah ke atas, maka kopi Excelso hanya dapat ditemui di supermarket-supermarket tertentu. Dengan adanya Kafe Excelso maka masyarakat dapat menikmati kopi yang diseduh secara langsung begitu dipesan (digiling dan langsung diseduh di dalam mesin).

Kafe Excelso terdiri dari tiga model yaitu de 'Excelso, Kafe Excelso, dan Excelso Express. Model de 'Excelso dibangun dengan konsep café resto dengan desain yang lebih mewah dan berbeda di setiap gerainya, pelayanan yang lebih personal, penyajian yang lebih baik serta pilihan makanan dan minuman yang lebih banyak. Kafe Excelso merupakan gerai dengan konsep kafe. Dan Excelso Express merupakan mini kafe atau gerai kecil. Sayangnya, belum ketahuan berapa investasi yang diperlukan untuk mendirikan Kafe Excelso ini.


Oh la la café
Contact:
PT Ambar Kejora
Phone Number: 75880154
Franchisee Fee: 40 juta/tahun
Royalti Fee: 4%

Informasi sangat terbatas sekali di internet. Mungkin bisa coba langsung menghubungi contact diatas



Misterblek Blended Coffee
Contact:
Krishna
Telp : 0857 3011 1177; 031-7078 7825
Email : krishnaeko@yahoo.com
Websites: http://misterblek-blendedcoffee-surabaya.blogspot.com/2008/05/peluang-franchise-misterblek-blended.html
MISTERBLEK menjalin kerjasama dengan MITRA dalam hal pembentukan jaringan mini café, dengan bahan baku disediakan oleh prinsipal MISTERBLEK berupa blended coffee (kopi yang cara penyajiannya di blender). Bahan baku dikemas dalam sachet, harga satuannya Rp 3000/sachet dengan 3 variasi rasa (Cappucino, Tiramisu, Caramel).

3 Paket kerjasama yang ditawarkan adalah sebagai berikut:
Paket Pemula seharga Rp 600.000,-
Cocok bagi pemula yang ingin memulai bisnis tanpa resiko besar, dapat ditangani sendiri di lokasi sendiri.
Cocok bagi yang sudah memiliki bisnis kantin, café atau restoran, untuk diletakkan di pintu masuk restoran dll.
Asumsi rata-rata penjualan 5 gelas perhari atau 150 gelas per bulan

Yang didapatkan MITRA :
Kopi MISTERBLEK : 50 sachet
Gelas plastik MISTERBLEK (12 oz) : 50 cup
Blender Standar : 1 buah
X-Banner 60 x 160 cm2 : 1 buah
Kaos MISTERBLEK : 1 buah
Sistem Prosedur dan Resep Standar : 1 buah

Ilustrasi keuangan bulan pertama
Pendapatan :
– Penjualan 150 gelas @ Rp 5000 : Rp 750.000,-
Pengeluaran :
– Kopi 100 sachet : Rp 300.000,-
– Gelas 100 pcs : Rp 40.000,-
– TOTAL PENGELUARAN : Rp 340.000,-
PROFIT Rp 410.000,-

Ilustrasi keuangan bulan kedua dan seterusnya
Pendapatan :
– Penjualan 150 gelas @ Rp 5000 : Rp 750.000,-
Pengeluaran :
– Kopi 150 sachet : Rp 450.000,-
– Gelas 150 pcs : Rp 60.000,-
– TOTAL PENGELUARAN : Rp 510.000,-
PROFIT Rp 240.000,-

BEP dalam 2 bulan
-----------------------------------------------------

Paket PROFESIONAL seharga Rp 3.000.000,-
Cocok bagi pebisnis yang serius mengembangkan jaringannya, dengan membuka outlet di sekolah, mall atau lokasi umum lainnya.
Mobile Outlet untuk event-event.
Cocok bagi yang sudah memiliki bisnis kantin, café atau restoran, untuk diletakkan di pintu masuk restoran dll.
Asumsi rata-rata penjualan 20 gelas perhari atau 600 gelas per bulan

Yang didapatkan MITRA :
Kopi MISTERBLEK : 300 sachet
Gelas plastik MISTERBLEK (12 oz) : 300 cup
Meja Konter portabel (70x 70 x70) cm3 : 1 buah
Blender Full Option : 1 buah
X-Banner 60 x 160 cm2 : 1 buah
Kaos Seragam Karyawan : 2 buah
Sistem Prosedur dan Resep Standar : 1 buah

Ilustrasi keuangan bulan pertama
Pendapatan :
– Penjualan 600 gelas @ Rp 5000 : Rp 3.000.000,-
Pengeluaran :
– Gaji Karyawan (10 % Omzet) : Rp 300.000,-
– Sewa Lokasi (10 % Omzet) : Rp 300.000,-
– Kopi 300 sachet : Rp 900.000,-
– Gelas 300 pcs : Rp 120.000,-
–TOTAL PENGELUARAN : Rp 1.620.000,-
PROFIT : Rp 1.380.000,-

Ilustrasi keuangan bulan kedua dan seterusnya
Pendapatan :
– Penjualan 600 gelas @ Rp 5000 : Rp 3.000.000,-
Pengeluaran :
– Gaji Karyawan (10 % Omzet) : Rp 300.000,-
– Sewa Lokasi (10 % Omzet) : Rp 300.000,-
– Kopi 600 sachet : Rp 1.800.000,-
– Gelas 600 pcs : Rp 240.000,-
–TOTAL PENGELUARAN : Rp 2.640.000,-
PROFIT : Rp 360.000,-

BEP dalam 6 bulan
-----------------------------------------------------

PAKET KEMITRAAN LENGKAP MISTERBLEK, BAZZ BURGER, dan OCHA BENTO
Paket PROFESIONAL seharga Rp 5.000.000,-
Cocok bagi yang ingin memiliki bisnis kantin, café atau restoran.
Mobile Outlet untuk event-event.
Yang didapatkan MITRA :
1. Konter Portabel
2. Peralatan dan Perlengkapan
3. Paket promosi (Stand Banner, Brosur Standar)
4. Pelatihan SDM
5. Sistem Operasi dan Prosedur (SOP)
6. Asistensi Penentuan Lokasi
7. Asistensi Management Operasi, Pemasaran dan Keuangan Secara Berkal

Sebagai Mitra Anda menyediakan :
1. Lokasi yang strategis
2. Luas tempat ukuran minimal 1 x 1 meter persegi
3. Peralatan tambahan (Bila Perlu) : seperti Meja, Kursi dan penerangan.
4. SDM yang memenuhi kualifikasi

Harga Paket tidak termasuk :
- Bahan baku awal / starter pack
- Tabung elpiji
- Freezer

ILUSTRASI KEUANGAN
Investasi Awal Rp 5.000.000,-
Pemasukan:
–Omzet rata-rata/hari Rp 200.000,-
–Omzet rata-rata/bulan (30 hari) Rp 6.000.000,-
Pengeluaran:
–Pemakaian Bahan (50%) Rp 3.000.000,-
–Gaji Karyawan (10%) Rp 600.000,-
–Sewa tempat&operasional (10%) Rp 600.000,-
–Penyusutan (2%) Rp 120.000,-
Nett Profit (28%) Rp 1.680.000,-

BEP dalam 4 bulan


Coffee Stop
Contact:
PT.Semesta Selaras
Ario Herdianto
081932164345
Jakarta Barat,
DKI Jakarta
Websites: http://id.88db.com/id/Services/Post_Detail.page/Business/Business_Startup/?PostID=93970

Coffee Stop ialah inovasi terbaru dari PT.Semesta Selaras.
Pembukaan Booth hanya dengan modal rendah anda sudah mendapatkan:
* Peralatan Lengkap
* Advertising
* Training
( Tanpa Franchise fee dan tanpa royalty )


Beanstock Coffee and Tea
Contact:
Ashari Yusuf
PT Adi Tata Nusindo

Saat ini seluruh proses produksi kafe ini berbasis di Singapura. Beanstock Coffee and Tea yang mengusung konsep kopi bar. Tidak ada minuman beralkohol di Beanstock. Susu dan bahan lainnya di kafe ini memakai yang low fat.

Kafe ini fokus pada minuman kopi dan teh serta beberapa variannya. Ada 30 jenis minuman kopi yang dijual, seperti single espresso, café mocha, dan cappuccino. Untuk sajian nonkopi, Beanstock memiliki ice blended, hot chocolate, dan hot vanilla. Selain itu tersedia juga 30 aroma teh kelas dunia, 12 rasa jus botolan, 11 rasa es krim, lima rasa ice blended dan sembilan rasa smoothies. Adapun makanan yang tersedia mulai dari muffin hingga tiramisu.

Beanstock menganut waralaba putus (independent franchise). Maksudnya, seluruh operasional dikelola terwaralaba, tapi pengawasan tetap di tangan pewaralaba. Makanya media promosi dalam bentuk apa pun harus diajukan dulu ke pewaralaba.

Bahan yang harus dipasok dari pewaralaba hanyalah yang bersifat khas seperti biji kopi, teh, madu, sirop, gula, dan bubuk cokelat. Sedangkan bahan lainnya seperti susu cair, susu kental, es batu dan air mineral boleh dibeli melalui pemasok setempat. Begitu juga kue, roti atau makanan bisa bekerja sama dengan produsen setempat. Tapi jenis dan rasanya franchisor yang menentukan demi keseragaman dan kualitas.

Target pengunjung Beanstock mulai dari anak sekolah, remaja, eksekutif muda hingga paruh baya. Karena itu, harga kopi atau teh beragam mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 21.000 per cangkir. Biasanya setiap pengunjung menghabiskan Rp 15.000-Rp 30.000 sekali nongkrong.

Penjualan Beanstock bisa mencapai Rp 800.000 setiap hari kerja. Di akhir pekan bisa mencapai Rp 1,2 juta-Rp 2 juta sehari. Contoh 1 kg kopi seharga Rp 175.000 bisa menghasilkan 130 cangkir yang rata-rata dijual Rp 10.000 secangkir. Total jenderal, pendapatan yang diperoleh Rp 1,3 juta. Dengan margin yang cukup besar, investasi awal Beanstock diperkirakan bakal balik dalam 2-3 tahun.

Tertarik? Siapkan saja duit Rp 195 juta. Dari jumlah itu sebanyak Rp 145 juta digunakan untuk renovasi ruang, papan nama, berbagai perlengkapan, dan bahan baku untuk dua bulan. Bahan baku itu meliputi stok kopi, susu cair, teh, bubuk ice blended, sirop, es krim, sirop moka, dan smoothies. Yang Rp 50 juta lagi merupakan franchise fee untuk lima tahun plus promosi dan pelatihan karyawan. Terwaralaba juga wajib membayar royalty fee 3% dari omzet tiap bulan.

Soal lokasi ditentukan pewaralaba. Syarat utamanya di lokasi utama, minimal di ibu kota kabupaten. Pewaralaba mengutip juga biaya survei lokasi. Daerah Sumatra biayanya Rp 1,5 juta, Jabotabek Rp 2 juta, Jawa Rp 2,5 juta; Sulawesi, Kalimantan, dan Bali Rp 3 juta. Biaya survei ini dikembalikan bila kerja sama waralaba terealisasi.

Note:
Di samping waralaba, Ashari yang juga Direktur Zarric Coffee Shop Consulting, perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan usaha kafe kopi, menawarkan paket seharga Rp150 juta sampai Rp450 juta (tergantung luas kafe yang akan dibangun) kepada mereka yang berminat membuka kafe kopi atas nama mereka sendiri. Dalam paket-paket ini, mereka berperan sebagai konsultan dan kontraktor sekaligus supplier atas kafe mereka yang kami buatkan. Sedangkan nama, suasana, dan menu kafe 100% kami serahkan kepada pembeli paket.

Di sini, dijual dua konsep kafe kopi yaitu kafe kopi berkonsep western (seperti Starbucks, red.) dan Asian Chinesse (seperti Ya Kun Kaya Toast, red.). Mahal? Tidak juga. Untuk membeli mesin pembuat kopi paling murah saja harus mengeluarkan dana Rp70 juta, renovasi satu sofa Rp1 juta, dan membeli blender sekitar Rp9 juta. Berminat?

Sayangnya. Beanstock sekarang sudah rontok, baca beritanya disini:
http://batampos.co.id/Kolom/Mekar/Belajar_dari_Rontoknya_Beanstock.html

Pada tulisan pertama dan kedua, anda telah membaca mengenai waralaba coffee shop baik internasional maupun lokal. Apakah anda belum bisa memutuskan juga waralaba yang akan anda ambil? Apakah anda merasa idealisme anda terbelengu dalam waralaba tersebut? Jadi apa yang anda harus lakukan? BUKALAH COFFEE SHOP ANDA SENDIRI.

Jika anda sebelumnya mempunyai pengalaman bekerja di coffee shop, tentu saja anda sudah mengetahui banyak hal yang dibutuhkan untuk membuka usaha coffee shop ini. Atau apabila anda pernah atau sedang menjalani usaha waralaba coffee shop, tentu saja anda mempunyai pengalaman baik dalam manajemen maupun operasional sehari-hari dari coffee shop ini.

Saya tidak mempunyai pengalaman bekerja di coffee shop. Saya belum pernah membuka coffee shop. Saya juga tidak pernah mengambil usaha waralaba coffee shop. Yah intinya saya tidak punya pengalaman apa-apa dalam membuka usaha coffee shop. Lalu mengapa saya membuat tulisan ini? yah karena saya pernah memcoba mencari tahu, apakah yang saya butuhkan apabila ingin membuka usaha coffee shop dengan nama saya sendiri: Nel's Coffee. Tapi sayang sekali belum terwujud. Saya hanya mencoba sharing dengan teman-teman mengenai pembukaan coffee shop. Apa saja yang kira-kira kita butuhkan.

Beberapa web mengenai Coffee yang harus anda kunjungi:
Gambarello
Cikopi
Blog Toni Wahid
Kopitips
Blog Kopi Mesinku (Saeco)

1 artikel yang menarik dari website diatas mengenai mesin espresso:
Panduan Membeli Mesin Espresso

Supplier Mesin Kopi
Di jakarta
- Saeco
- deLonghi - Jakarta. No telp distributornya: 0218626529
- Expobar - Jakarta, CP: Yudy Soetaniman (yudys8@yahoo.com)
- San Marino
- JURA - Jakarta
- Rancilio Silvia, anda bisa mendapatkannya di Caswell's
Bali:
- Bahana Coffee (0361288633) dan Bhinneka Jaya (0361270995) menjual berbagai merk mesin espresso+grinder
- Krups
- Gaggia di Bersama Coffee. No telp: 0361764842

Untuk anda yang mencari alat dapur untuk coffee shop, informasi dari seorang pembaca web diatas mungkin dapat berguna:
Bless Solution ( Commercial dan Industrial Kitchen )
JL. Ciremai No.51A, Bekasi
Telp. 021-68997090, 70859173
Email : bless_solution@yahoo.com
CP: Ibu Ria (0817-0151555) atau Bp. Rianto (0812-8826234)
Bless Solution juga menawarkan jasa Design Dapur (free jika transaksi disana) dan juga memproduksi alat dapur stainless steel seperti Kompor, Work Table, Exhaust hood, dll. Instalasi gas dan ducting juga dilayani sama mereka. Saking Rame nya, Work shopnya berkembang menjadi 2 tempat dan tak pernah sepi.

Untuk supplier coffee, saya masih mencoba mengumpulkan datanya. Berikut ini adalah beberapa supplier yang terkumpul sampai saya menulis artikel ini:
- Kopi Toraja, kampung Nosu. Hubungi: 021-95518076 atau 081389705400
- Fresh green coffee bean dan Fresh Roasted bean Arabica Blue Mountain Lintong & Mandailing & Aceh Gayo Oorganic. Hubungi: CV.Asahan 73
- Biji kopi Ulee Kareng, Arabica & Robusta Cofee (Aceh)
- Bel Canto Coffee Exclusive Distributor
dan banyak lainnya yang bisa anda cari sendiri di google.

5 comments:

Oka Tampan said...

Suka sama blog nya kebetulan sedang ada rencana membuka coffe shop tapi modal belum mencukupi

Oka Tampan said...

Suka sama blog nya kebetulan sedang ada rencana membuka coffe shop tapi modal belum mencukupi

Lady Jane said...

kabar baik!!!!

Hello All, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu. dan fraudstars banyak kreditor kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang nyata dan nyata,

Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih mendapatkan pinjaman saya.

Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dikeluarkan tanpa meminjam dari perusahaan mereka, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya. yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp400.000.000 dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak peduli berapa umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin menyarankan agar setiap orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com
Dan Anda bisa mengikuti Mr dangote on instagram untuk lebih jelasnya di dangoteloancompany

web design malang said...

Usaha Modal Kecil
Peluang Usaha Franchise
Bisnis Franchise Modal Kecil

AMISHA said...


Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut