Sunday 5 February 2017

Coaching bersama Bpk Wan Muhammad

gw orangnya pelupa, jadi gw share disini semua materi kewirausahaan yg gw dapet ya guyss :D
Oke, selasa kemaren pemateri EU Jakarta adl Bpk Wan Muhammad, beliau pemilik Idolmart, tujuan beliau berbisnis sangat mulia, bukan semata utk menghasilkan uang tapi untuk menghidupi banyak orang & mempermudah ibadah pd yang maha kuasa. jadi Idolmart itu beliau sudah mempunyai 44 cabang. Idolmart itu jualannya macem-macem banget, katanya ada 4rb item, mulai dari pulpen, buku, sendal jepit, helm, jam tangan, kalung, dll. bisa disebut Toserba, atau palugada "apa lu mau, gua ada". Idolmart adalah toko yg ramai setara keramaiannnya dengan Indomart & Alfamart, padahal jualannya beda dengan kedua toko itu.
disini gw ngena banget materi tentang barang yg Slow moving & Fast moving. Jadi barang yg fast moving / terkenal / sering dibeli / cepet abis itu mesti dimurahin, karena kalau barang yg fast moving dimurahin maka image utk seluruh toko itu jadi murah semua. Pembeli ga bakal ngira kalau sebenernya kita ambil banyak keuntungan di bagian bagang yg slow moving.
kita juga diajarkan utk membuka bisnis yg langsung UNTUNG pada saat pertama dibuka. terus sistem bisnis / SOP harus dibuat sedetail mungkin dan diuji berkali-kali. ada juga tentang teknik visualisasi, biasanya kalau yg otak kanan intuisinya sudah terlatih, dia bisa membayangkan sesuatu akan berhasil atau ga. misal mau ambil ruko ini, trs dia memvisualisasikan bahwa ruko tsb akan ramai, kalau ga berhasil berarti ga jadi ambil rukonya.

kemudian di satu toko, ada yg namanya anggaran kehilangan, yaitu jika ada barang yg hilang dibawah 500rb maka dibiarkan saja, karena hal tersebut memang biasanya susah utk diantisipasi, namun kalau hilangnya diatas 500rb berarti harus pecat karyawannya karena kerja karyawan yg mengawasi gak bagus.
kemudian tips untuk menguji karyawan kamu baik atau ga adalah pertanyaan ini :
1. jika dia baru melamar hari ini, apa kamu akan menerima dia?
2. jika dia pergi hari ini, apa kamu merasa kehilangan dia? 






0 comments: