Friday 9 July 2010

HORSE POWER = DAYA KUDA =/ PK (1 HP = 1,014 PK)

kalau HP adalah satuan tenaga untuk mesin,sedangkan torsi adalah putaran mesin yang berhubungan dengan momen.

gambar diatas adalah animasi dari hubungan gaya dan torsi/putaran

kalau ada mobil yang tenaga kurang saat ditanjakan coba dicek koplingnya


Daya kuda (DK) adalah daya atau tenaga, satuannya hp (horse power), 1 hp kira2 750 watt.

Torsi = gaya (Newton) x panjang (meter), satuannya Nm (newton meter). dlm bahasa se hari2, torsi adalah tenaga untuk memutar.

DK= Torsi x kecepatan-putar ----> Torsi = DK/kecepatan-putar, oleh karena itu untuk mendapatkan Torsi yg lebih besar untuk DK yg sama diperlukan putaran roda yg rendah. Sehingga pada kendaraan yg butuh Torsi besar, seperti jeep, diaplikasikan low gear.
Dlm bahasa se hari2, DK(tenaga atau daya) = Torsi (tenaga untuk memutar) dikali kecepatan-putar.

Dari hubungan antara DK dan Torsi di atas, maka untuk mobil dg berat dan aerodinamika yg sama, untuk mencapai top speed yg lebih tinggi, dibutuhkan DK yg lebih besar.
Dpt disimpulkan bahwa untuk mendapatkan top speed lebih tinggi, ada 3 cara yaitu, menambah DK, mengurangi berat, atau memperbaiki aerodinamika

________________________________________________________

JALAN-jalan ke toko elektronik, saat kamu berkunjung ke toko Alat pendingin ruangan (AC=Air Conditioner), kamu akan dihadapkan pada pertanyaan “Mau yang berapa HP”? Nah, apakah HP itu? Manyatakan apakah HP itu, peralatan apa saja yang memiliki satuan HP itu?

Yang jelas HP yang dimaksud penjual AC itu tidak ada kaitannya dengan Hand Phone atau sejenisnya.

HP disini adalh singkatan dari Horse Power, atau dikenal dengan Tenaga Kuda. (para penjual AC kadang juga menyebutnya PK, yaitu singkatan dalam bahasa belanda “Paardekracht” yang artinya juga adalah TENAGA KUDA).

Istilah Tenaga Kuda (Horse Power) adalah istilah yang diperkenalkan oleh Bapak Penemu mesin Uap yaitu James Watt. Saat itu James Watt ingin membandingkan mesin ciptaannya dengan tenaga seekor kuda yang menarik bebannya.

Kali ini istilah pembanding itu juga kerap digunakan untuk menunjukkan berapa besar kekuatan mesin yang dijual. Nah di dalam Ilmu Pengetahuan, satuan “kekuatan” mesin itu adalah dinyatakan dalam Watt, 1 HP adalah sebesar 745 watt (sementara 1 HP = 1,014 PK , walaupun kita selalu menyamakan 1 HP = 1 PK)

0 comments: